BAHAYA MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!

BAHAYA MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!

Sampah adalah parasit yang selalu hadir setiap hari, tidak heran jika banyak tulisan yang menyerukan jangan buang sampah sembarangan.  Namun sayang, seruan dari jangan buang sampah sembarangan terkadang masih sering dilanggar oleh setiap orang. Padahal seruan jangan membuang sampah sembarangan bukanlah larangan yang berupa hiasan saja, melainkan seruan ini adalah rambu-rambu dan ajakan agar kita dapat tehindar dari dampak tumpukan sampah yang ada di mana-mana. Kasian bukan jika bumi yang indah dan nyaman ini menjadi rusak dengan adanya sampah yang berada di mana-mana dan tidak sesuai dengan tempatnya? Oleh sebab itu, artikel ini akan memberikan beberapa dampak dari melanggar perintah jangan buang sampah sembarangan agar anda berfikir berkali-kali dalam membuang sampah sembarangan. 
Sampah yang menumpuk lama-lama akan mengakibatkan penyumbatan beberapa saluran perairan sehingga air akan tergenang dan air pun akan meluap, kemudian dapat mengakibatkan banjir di beberapa daerah. Walaupun sampah bukanlah satu-satunya faktor penyebab banjir, tetapi sampah tidak menutup kemungkinan dalam mengakibatkan banjir. Nah, kembali ke kesadaran kita bukan untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan memikirkan lagi jika kita akan membuang sampah sembarang.
Sampah akan menimbulkan masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Hal ini terjadi karena sampah dibuang tidak pada tempatnya sehingga kuman pun dapat tumbuh dan berkembang biak di mana saja. Kuman ini akan menarik berbagai serangga seperti lalat yang akan menyebarkan kuman di tempat yang lebih luas. Kuman ini nantinya akan berkembang di sekitar kita dan penyakitpun berdatangan dan membuat kita dengan mudah terserang. Lingkungan yang banyak penyakit ini pun akan menjadi tidak sehat dan kenyamanan pun akan sulit untuk di dapatkan. Selain penyakit, sampah akan memberikan pemandangan yang jelek dan merusak lingkungan. Bahkan orang pun akan malas memandang lingkungan yang banyak sampahnya karena dirasa lingkungan tersebut sangat kotor dan tidak akan nyaman  untuk dibuat bersantai. Dalam menangani pembuangan sampah ini memang diperlukan kedisiplinan dari setiap insan agar menyadari betapa ruginya seseorang jika membuang sampah sembarangan.
Petugas kebersihan adalah petugas yang biasanya menyapu sampah-sampah atau guguran daun yang ada di tempat umum. Mau sampah banyak atau sedikit hal itu adalah tanggung jawab petugas kebersihan untuk membersihkan sampah yang berserakan dan menciptakan kebersihan yang nyaman. Namun petugas kebersihan biasanya seseorang yang memiliki usia yang cukup tua. Jika banyak sampah yang berserakan, apakah anda tega untuk membiarkan petugas kebersihan tersebut membersihkan sampah sendirian? Apakah anda tega membiarkan petugas kesehatan kelelahan dalam membersihkan lingkungan? nah, jika kalian tidak tega anda bisa membantunya dengan tidak membuang sampah sembarang. Hal ini secara tidak langsung dapat meringankan beban petugas kebersihan.
Pemanasan global hal yang sering kita dengar dan telah menjadi momok agar kita menjaga bumi ini. Memang benar, dampak dari pemanasan global saat ini dapat dengan mudah kita rasakan. Ternyata sampah yang dibuang sembarang dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pemanasan global. Peningkatan suhu rata-rata pada umumnya disebabkan oleh sampah plastik yang menumpuk di kehidupan sehari-hari dan sifat sampah plastik yang sulit terurai oleh bakteri pengurai atau bahan kimia. Nah, selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik agar tidak banyak sampah plastik yang menumpuk. (Sumber : https://prelo.co.id/blog/dampak-membuang-sampah-sembarangan/)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!