MANFAAT PUASA DAN PENYEBAB BATAL PUASA

Puasa, Puasa merupakan ibadan wajib bagi umat muslim, sesuai rukun islam ke 5 puasa senantiasa umat muslim temui di setiap tahun pada bulan ramadhan.
Puasa terbukti memiliki banyak manfaat dan keutamaan , oleh sebab itu pemahaman akan puasa wajib dipahami bagi pelakunya agar dalam menjalankannya mendapat banyak wacana yang bermanfaat baik dari sisi kesehatan , amal ibadah maupun pengembangan jiwa dan ruhani. Dan secara langsung mampu mengubah jiwa dan kepribadian menjadi jiwa yang berakhlak baik.

MANFAAT PUASA "
1. 
Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.

2. Menyehatkan tubuh, karena pada saat siang hari tubuh diistirahatkan dari aktifitas mencerna makanan seperti mengunyah dan lain-lain

3.  
Puasa merupakan terapi detoksifikasi atau pembersihan racun dari dalam tubuh. Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan.  Puasa membantu menghilangkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Oleh karena itu, puasa sering dijadikan sebagai metode untuk detoksifikasi tubuh secara alami. Hal ini karena, kondisi lambung yang kosong saat puasa akan bekerja lebih optimal saat berbuka. Ketika lambung kosong, penyerapan nutrisi akan berjalan lebih efektif sehingga mengurangi risiko penimbunan sisa makanan atau nutrisi yang tidak berhasil terserap sempurna oleh tubuh. Sehingga tubuh pun tidak lagi menyimpan tumpukan sisa makanan yang bisa membusuk.

4. Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Misal ketika mengalami stres, hormon insulin dan adrenalin yang mengatur waktu lapar terganggu sehingga nafsu makan hilang atau bahkan datang lebih cepat. Kekurangan produksi hormon insulin berakibat munculnya penyakit diabetes, sedangkan bila berlebihan tubuh akan menderita hiperglikemia. Pada saat puasa orang akan bersabar dan berusaha menahan amarah dan senantiasa pasrah pada Tuhan. Hal itu akan membuat fungsi hormon berjalan normal sehingga irama hidup lebih harmonis.

5. Memperlambat penuaan serta mencegah penyakit yang sering timbul pada usia lanjut dan kanker. Dan masih banyak keutamaan lainnya.


Hal-hal yang membatalkan Puasa 

1. Bersenggama siang hari
Melakukan hubungan suami istri saat puasa, mulai dari terbit fajar (setelah sahur) sampai adzan maghrib.

2. Mengeluarkan sperma dengan sengaja 

3. Makan Dan Minum Dengan Sengaja

4. Haid Dan Nifas

5. Muntah Disengaja

6. Murtad (orang yang keluar dari islam)

7. Merokok
8. Kentut dalam air, karena menyebabkan masuknya air melalui lubang dubur

Semoga artikel puasa ini bermanfaat bagi kita semua, terimakasih sudah membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!