Lindungi Hutan kita, jangan bakar hutan kita!




Sumber : Tribunnews.com


Lindungi Hutan kita, jangan bakar hutan kita!

Hutan, Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. (Sumber : ilmuhutan.com)

Pada dasarnya, penyebab kebakaran hutan di Indonesia terjadi karena berbagai hal yaitu oleh faktor alam dan juga faktor manusia. Namun sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia belakangan ini disebabkan karena ulah dari manusianya sendiri. Hal ini tentu saja sangat memperihatinkan mengingat indonesia dahulu merupakan paru-paru dunia disebabkan oleh hutannya yang luas nan indah.

Untuk penyebab kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam dipicu oleh berbagai hal salah satunya adalah sambaran petir. Sambaran petir dapat menimbulkan percikan api yang dapat menyambar ranting dan dedaunan. Cuaca ekstrim juga dapat menimbulkan kebakaran hutan misalnya musim kemarau berkepanjangan yang dapat membuat hutan kehabisan stok air dan pohon-pohon pun mengering dan lambat laun akan terbakar karena panas yang berkepanjangan.

Sedangkan Menurut Syaufina (2008), kebakaran hutan di Indonesia 99% diakibatkan karena ulah oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu tak heran kebakaran hutan di Indonesia terjadi di setiap tahun. Berbagai aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kebakaran hutan seperti membuka lahan dengan cara membakar hutan. Tentunya jika hal ini dibiarkan tanpa adanya perhatian dari berbagai pihak maka Indonesia dalam beberapa tahun ke depan bukan lagi negeri yang kaya akan flora dan faunanya karena jelas semuanya akan mati dilahap si jago merah. (Sumber : https://medium.com/@rika_nisa)

Kebakaran hutan yang diakibatkan oleh kesengajaan biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan keegoisan sendiri serta kebakaran hutan yang tidak disengaja biasanya disebabkan oleh kelalaian dari manusia membuang puntung rokok dan sebagainya. Hal ini perlu diperhatikan bagi para penggiat aktifitas outdoor dan juga pecinta alam serta masyarakat sekitar hutan agar dapat menjaga kelestarian hutan dengan cara meminimalisir aktifitas yang dapat menimbulkan kebakaran hutan. Beberapa hutan telah menjadi korban akibat keteledoran manusia misalnya saja Gunung Sindoro dan masih banyak lagi.

Penyebab kebakaran hutan juga bisa terjadi karena adanya kebakaran yang terjadi di bawah tanah atau yang biasa disebut ground fire. Ground fire dapat terjadi pada lahan gambut dan uap panas yang ditimbulkan bisa menyebabkan vegetasi diatas tanah juga ikut terbakar. Kebakaran jenis ini dapat terjadi hanya pada musim kemarau panjang.

Untuk penanggulanganya, sudah seharusnya kita sebagai manusia menyadarinya mulai saat ini dan seharusnya kita sadar apa sajakan penyebab utamanya yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Selanjutnya hanya perlu tindakan dari pihak yang berwajib untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap berhati-hati agar hutan tetap terjaga. Hal tersebut juga harus dibarengi dengan tindakan tegas dari kepolisian agar tidak sungkan-sungkan menghukum oknum-oknum yang dapat menyebabkan kebakaran. Hal ini harus dilakukan agar pelaku jera dalam melakukan tindakannya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!