MENGENAL POHON PISANG

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/21/298/1760108/terungkap-ternyata-pohon-pisang-adalah-tanaman-herbal-terbesar-di-dunia


MENGENAL POHON PISANG
Buah pisang adalah jenis buah yang paling sering kita jumpai, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita terutama untuk kesehatan. Pisang, selain enak dimakan ternyata banyak mengandung manfaat untuk tubuh kita, pisang mengandung vitamin a, b1, b6 dan vitamin c serta protein. Buah pisang banyak dijumpai di wilayah yang memiiki iklim tropis dengan kondisi tanah yang lembab. Itu sebabnya pisang banyak ditemui di Indonesia. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengkonsumsi buah pisang tiga kali dalam sehari, pisang juga bermanfaat untuk kesuburan kaum pria serta untuk menjaga kesehatan tulang karena pisang kaya dengan vitamin D.

Berikut adalah manfaat dari buah pisang :
1.      Buah pisang mengandung kalium yang tinggi dan rendah natrium untuk membantu pertahanan tubuh apalagi untuk orang yang mengidap darah tinggi. Pisang juga bisa meningkatkan kinerja otak dan membantu membersihkan racun dari usus besar.
2.      Banyak yang bilang bahwa pisang sebagai Moodbooster, mengapa? Karena buah pisang mengandung Triptophan  yaitu sejenis Protein yang akan dikonversi oleh tubuh untuk mengasilkan Serotonin yang berfungsi untuk membua anda rileks, merasa bahagia dan memperbaiki suasana hati Anda.
3.      Mengandung vitamin B6 yang membantu mengatur kadar gula darah.
4.      Bermanfaat untuk ibu-ibu yang sedang hamil karena mengandung asam folat yang dibutuhkan janin untuk perkembangannya.
5.      Bermanfaat untuk kecantikan wajah.
6.      Buah pisang bermanfaat untuk mencegah Anemia karena mengandung zat besi yang tinggi untuk meransang produksi Hemoglobin dalam darah.
7.      Buah pisang juga bermanfaat sebagai pengendali suhu tubuh karena dapat berfungsi sebagai makanan 'pendingin' yang memperbaiki kondisi fisik dan emosional, pisang juga bermanfaat untuk kandungan dan membantu bayi lahir dengan suhu tubuh yang tidak tinggi.

 

Sekilas Kutipan Seputar Pohon Pisang

Pohon pisang merupakan salah satu jenis pohon yang hidup pada daerah tropis. Pohon ini biasanya memiliki tinggi hingga 2 meteran, dengan daun yang sangat lebar dan juga buah yang manis. Buahnya memang sangat populer dengan warna kuning dan juga hijau. Pohon pisang memiliki batang yang lunak dan tidak berkayu. Pisang ditanam dengan cara ditanam umbinya.
Pohon pisang merupakan tanaman asli daerah Asia Tenggara. Terutama di Indonesia. Tanaman dari suku Musaceae ini memiliki nama latin Musa paradisiaca. Tanaman pisang merupakan tanaman yang serba guna, mulai dari akar sampai daun dapat dimanfaatkan.

Kandungan Pisang
a.      Manfaat Akar Pohon Pisang
Siapa sangka bahwa di dalam akar pohon pisang terdapat sifat anti-inflamasi dan anti-piretik. Kedua sifat tersebut mempunyai manfaat untuk meredakan demam, mengatasi sesak nafas atau asma, mendinginkan darah, peluruh urine dan dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit.
b.      Manfaat Daun Pisang
Pada umumnya daun pisang banyak digunakan untuk membungkus makanan, seperti nasi bakar, pepes ikan dan lain sebagainya. Selain itu, ternyata daun pisang juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Daun pisang yang masih tergulung dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah, menghentikan menghentikan mimisan, mengatasi keputihan, mengobati batuk, radang tenggorokan dan dapat digunakan untuk menyembuhkan radang otak.
c.       Manfaat Bunga / Jantung Pisang
Selain dapat dimasak, jantung pisang atau bunga pisang juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Jantung pisang tersebut dapat digunakan untuk mencegah penyakit stroke dan mencegah pendarahan otak.
d.      Manfaat Buah Pisang
Tak hanya mempunyai rasa yang enak untuk dikonsumsi saat matang, buah pisang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan yang sudh saja jelaskan diatas.

Nah itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Manfaat Pohon Pisang. Dengan adanya informasi ini kita dapat mengetahui ada satu lagi bukti nyata bahwa Tuhan telah menciptakan alam dan isinya dengan manfaat yang menakjubkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga alam untuk masa depan yang lebih baik. Namun, untuk mendapatkan semua manfaat dari pohon pisang tersebut perlu untuk mengetahui cara mengolahnya dengan baik dan benar agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!