BAHAYA MEROKOK!

https://id.wikipedia.org/


BAHAYA MEROKOK!

Siapa yang tidak mengenal ROKOK ? 
Pada zaman sekarang ini siapa sih yang tidak kenal rokok? Malah mirisnya dari anak-anak yang masih belia pun sudah jauh dari pengawasan orangtuanya sehingga mengenal rokok sejak dini. Taukah kamu zat adiktif yang terkandung pada rokok? Bahaya merokok? Sudah banyak sekali sekarang kita mengetahui bahayanya mengisap zat adiktif, selain kita membakar uang kita juga dapat merugikan diri sendiri, mungkin tidak sekarang dampak yang terlihat pasti masa yang akan datang akan sangat terlihat dampak dari merokok itu sendiri, dampak yang paling sering kita lihat yaitu nafas yang mudah terengah-engah pada usia yang terhitung masih muda, lalu dada yang memerah, gigi yang menguning, bahkan aroma mulut yang tidak sedap.

Pada saat ini, banyak masyarakat yang tidak perduli dengan bahaya merokok, bahkan walau banyaknya slogan bahaya merokok yang beredar sepertinya acuh tak acuh. Berikut beberapa bahaya merokok. Rokok yaitu tembakau yang dibalut atau diselimuti dan  berukuran panjang antara 70 mm hingga 120 mm dengan diameter 10 mm. Rokok dibakar pada satu ujungnya dan dibiarkan membara atau menyala agar asapnya dapat dihirup melalui mulut seseorang pada ujung yang tidak dibakar dengan rasa yang manis. Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai negara dibelahan dunia.

Dalam segi kesehatan tentu saja rokok mendatangkan dampak buruh pada kesehatan manusia seperti yang saya paparkan diatas, asap rokok yang dihirup dari mulut dan hidung ini akan masuk melewati kerongkongan dan mengendap di paru-paru, itu sebabnya banyak perokok yang mengidap penyakit jenis ini. Kandungan asap rokok ini tidak hanya membahayakan paru-paru saja melainkan organ tubuh yang lainnya salah satunya adalah otak.

Terdapat kurang lebih 63 bahan kimia yang terkandung dalam rokok yang memicu menimbulkan banyak penyakit dari yang menengah sampai ke parah. Ironisnya, hal demikian tidak membuat kebanyakan orang menjadi melirik hal tersebut dari sisi kesehatan. Bayangkan saja 63 jenis bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita?

"Dalam satu hari jika orang merokok 10 batang dapat menurunkan tingkat harapan hidup rata-rata 5 tahun. Karena umumnya rokok dapat 20 kali meningkatkan risiko kanker paru-paru," ujar dr Eni saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017). (sumber : https://lifestyle.okezone.com)

Berikut penyakait yang disebabkan oleh rokok :
1.      Kanker
Kanker adalah penyakit yang mematikan, bahkan sampai sekarang belum ditemukannya obat untuk penyakit yang satu ini. Kanker paru-paru merupakan salah satu penyebab dari bahaya penggunaan rokok.
2.      Jantung
Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang tertinggi di indonesia. Perokok dapat menyebabkan penyakit ini dan efeknya akan terkena stroke.
3.      Gangguan janin
Untuk wanita hamil memang sudah jelas dilarang karena dapat mengakibabkan gangguan janin, kematian janin atau terdapat syndrome pada anak ketika ia lahir.
Dan masih banyak lagi gangguan yang disebabkan oleh bahaya rokok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!