Jauhkan anak dari Gadget atau Gadget akan mendominasinya!

https://bolehkah.com

Jauhkan anak dari Gadget atau Gadget akan mendominasinya!

Di jaman yang semakin modern seperti sekarang, siapa yang tidak mengenal Gadget? Dari kalangan muda, dewasa, hingga tua saya rasa sudah tahu dan mengenal perihal efek modernisasi ini. Gadget adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi lebih spesifik, bersifat praktis dan dirancang dengan teknologi canggih. Beberapa contoh perangkat yang masuk pada kategori gadget diantaranya adalah Laptop, MP3 Player, Netbook, E-Reader, Xboox, Smartphone, Tablet dan masih banyak perangkat lain yang memiliki fungsi khusus dan berbeda-beda (sumber : http://www.mandalamaya.com/).
Gadget yang sedang marak pada era sekarang ini adalah ponsel atau handphone atau bisa juga disebut smartphone. Ponsel pada awalnya diciptakan untuk membatu berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja. Seiring perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan setiap individu maka terciptalah ponsel yang memiliki fungsi lebih dari sekedar perangkat komunikasi.
Berbicara tentang Jauhkan anak dari Gadget atau Gadget akan mendominasinya! Tentu saja benar, pada jaman sekarang ini gadget bukan hanya mendominasi orang-orang dewasa saja melainkan anak-anak pula. Hal ini tentu saja miris untuk masa depan anak-anak tersebut. Pada jaman sekarang ini anak-anak lebih dekat dengan gadget seperti smartphone, tablet atau notebook.
Sebagian anak-anak yang masih dibawah umur bahkan jauh lagi sudah mendapat fasilitas demikian dari orangtuanya, rasanya sudah bukan lagi menjadi suatu masalah mengenalkan dunia teknologi telalu dini kepada anak-anak sebelum waktunya. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi saat ini, anak-anak lebih sadar teknologi dibandingkan orangtua. Dan banyak pula aplikasi yang diciptakan untuk anak-anak sehingga mereka lebih betah bermain dengan gadget ketimbang teman sebayanya. Biasanya anak-anak lebih cepat memahami aplikasi dan fitur yang ditawarkan oleh gadet. Memang, tentunya banyak pula keuntungan dan manfaat dari gadget, namun kembali lagi kepada orang tua si anak tersebut bijak atau tidak memilah apa yang seharusnya diperkenalkan kepada buah hatinya.
Di Amerika Serikat satu dari tiga orang dewasa mengalami rabun jauh. Sedangkan, di Asia lebih tinggi. Kemudian, di beberapa negara ada lebih dari 95 persen dari anak-anak dan remaja menggunakan kacamata karena miopia. Peneliti sebelumnya memberitahukan bahwa hal ini terjadi karena banyak anak-anak yang sudah didominasi oleh gadget. Penelitian lain menyebutkan miopia meningkat karena anak-anak sekarang ini lebih kurang menghabiskan waktu di luar ruangan (sumber : https://student.cnnindonesia.com).

Berikut bahaya gadget untuk anak-anak :
1.      Resiko radiasi elektromagnetik
Selain masih sensitif, anak-anak lebih rentan terkena penyakit yang dikarenakan oleh paparan elektromagnetik. Dampaknya, paparan sinar dari smartphone ini dapat mengganggu perkembangan anak-anak sehingga menjadi lebih lambat.
2.      Kecanduan
Bahaya kecanduan dapat mempengaruhi setiap orang apalagi anak-anak yang masih ingin tahu sesuatu. Tanpa sikap bijak dari orang tua anak-anak bisa menjadi gadget-holic atau kecanduan gadget.
3.      Membahayakan masa depan dan psikologi
Untuk anak-anak yang menggunakan gadet tanpa sepengetahuan orangtua atau bimbingan orangtua, keinginan tahu oleh seorang anak lebih besar daripada orang dewasa, ditakutkan anak-anak dapat membuka situs-situs yang tidak cocok untuk umurnya sehingga dapat merusak psikologinya.
Dan masih banyak lagi bahaya lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!