NYERI HAID? BEGINI SOLUSINYA!


NYERI HAID? BEGINI SOLUSINYA!
  

Menstruasi merupakan suatu hal yang terjadi di setiap wanita di dunia, menstruasi biasanya dintandakan karena wanita tersebut sudah menginjak masa puber atau pubertas. Biasanya, untuk sebagian wanita, pada saat haid memang cenderung merasakan nyeri di berbagai organ di tubuhnya, nyerti saat menstruasi merupakan peristiwa yang sering dialami oleh setiap wanita yang sudah memasuki periode haid. Nyeri haid ini biasanya ditandai rasa tidak nyaman di sekitar perut , punggung bawah, dan paha. Pada periode ini, otot-otot rahim berkontraksi menyebabkan keram. Pada beberapa kasus mengalami mual, muntah, sakit kepala, dan diare. Berikut ini saya rangkumkan bagaimana tips meredakan haid yang sering kita jumpai :
1.      Menggunakan air hangat
Air hangat sangat berpengaruh untuk meredakan sakit pada saat haid, air hangat akan memberikan rangsangan melalui kompres pada perut bagian bawah dapat meredakan nyeri haid, atau bias juga dengan cara meminumnya. Cara ini dapat meredakan nyeri saat menstruasi. Hasil penelitian yang disebutkan oleh healthline.com bahwa air hangat bersuhu 40 celcius memiliki efektivitas yang sama dengan obat pereda nyeri yang banyak digunakan yaitu ibuprofen. Anda juga dapat melakukan hal ini dengan cara mandi air hangat.
2.      Pijat ringan
Melakukan terapi pijat juga mampu meredakan nyeri saat haid. Sebuah studi yang dikutip melalui healthline.com pada wanita dengan endometriosis berikan tindakan pemijatan dan memperoleh hasil secara bermakna terhadap penurunan rasa sakit.
Pemijatan ini dilakukan pada titik tertentu pada bagian perut, pinggang dan punggung. Biasanya, peminjatan juga dapat memberikan rasa nyaman sehingga dapat mengurangi nyeri haid.
3.      Menghindari makan pedas
Seperti kita ketahui, makanan pedas memang untuk beberapa kasus dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dalam kasus ini memang makanan pedas perlu agak sedikit dihindari untuk meminimalisir bertambahnya rasa nyeri saat haid, memang ada beberapa makanan yang lain yang perlu kita hindari saat haid, karena mengingat tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat periode menstruasi berlangsung. Ada baiknya menghindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi cairan seperti kopi, alcohol, makanan/minuman yang mengandung soda.
4.      Ramuan herbal           
Obat herbal tertentu mampu memberikan efek anti-inflamasi atau pereda nyeri dengan mengurangi kontraksi otot dan meringankan gejala bengkak yang berkaitan dengan nyeri saat haid. Contohnya seperti jahe dan beberapa obat herbal lainnya.
Pada dasarnya nyeri saat menstruasi bukan hal yang harus Anda takuti apabila tingkat nyeri yang dirasakan bersifat ringan. Yang bisa menjadi pertanda buruk apabila nyeri tersebut berlangsung terus menerus setiap periode menstruasi tiba dengan tingkat nyeri yang hebat. Untuk meringankan nyeri saat haid, Anda dapat melakukan dirumah beberapa tips seperti mandi air hangat atau dengan kompres area perut bawah, minum seduhan jahe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!