STOP KONSUMSI MIE INSTAN SECARA BERLEBIHAN!

STOP KONSUMSI MIE INSTAN SECARA BERLEBIHAN!

Haii bloggers, kali ini aku akan bahas mengenai baha mie instan yaa, apalagi buat kamu para anak kost (kayak aku) yang biasanya menginginkan semuanya serba instan termsuk makanan, NO! Ini jelas salah ya para bloggers. Mie instan, semua orang pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan bukan? Selain mudah didapatkan, jenis makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang nikmat. Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang selalu nikmat ini, mie instan juga memiliki sejumlah resiko. Namun, pada hakikatnya, semua yang dikonsumsi secara berlebih juga tidak baik bagi tubuh yaa.
Menurut sejumlah hasil penelitian, terlalu sering mengkonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada sejumlah kasus, konsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Wah serem bukan?
Ingat, bukan tidak boleh mengkonsumsi sama sekali. Tapi coba untuk mengurangi, mungkin sebulan sekali atau sebulan dua kali. Untuk kamu yang sudah ketergantungan dengan makanan siap saji yang satu ini mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2 hingga 3 hari dan lakukan sampai kamu terbebas dari mie instan sama sekali.
Menurut penelitian ternyata di dalam mie instan terdapat kandungan lilin yang berbahaya kesehatan. Kandungan lilin dalam mie instan berguna untuk membuat mie tidak lengket satu dengan lainnya. Dengan seringnya kita mengkonsumsi mie instan berarti kita juga telah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak sistem kerja pencernaan dalam tubuh karena baru bisa dicerna oleh tubuh dalam waktu minimal 2 hari.
Selain kandungan lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Jika dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat menimbulkan penyakit di atas. Hal ini didasari oleh karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung Anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak agar dapat mencerna makanan.
Mie instan ternyata juga mempunyai kandungan zat-zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti MSG dan penambah rasa. Jika Anda masih ingin mengkonsumsi mie instan tetapi ingin tetap sehat Anda harus melakukannya sesuai saran penyajian, dan jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan dimasak di atas suhu120 oC bisa memicu terjadinya sel kanker.
Berikut penyakit yang dapat ditimbulkan oleh mie instan :
v  Diabetes, Mie Instan meski memiliki rasa cenderung gurih juga mengandung banyak kandungan gula di mana dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita.
v  Gagal ginjal, Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita.
v  Penyakit hati, Mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering atau rutin dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati.
v  Meningkatkan kolesterol, kolesterol bukan hanya makanan bersantan atau aneka makanan laut tetapi ternyata Mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.
v  Mengganggu hormon pria dan hormon wanita, Mie Instan yang dikonsumsi rutin atau berlebihan bagi wanita atau pria memberi bahaya tersendiri salah satunya mengangganggu hormon karena Sodium yang terkandung dalam Mie Instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu hingga menimbulkan jerawat serta mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.
v  Darah tinggi, disebabkan karena kandungan garam yang tinggi.
v  Kanker, Siapa yang tidak merasa ngeri mendengar penyakit ini. Penyakit kanker memang mudah menghampiri banyak orang dengan tidak memandang usia. Dan Mie Instan menjadi salah satu jalan penyakit ini dapat menghampiri kita. Dengan segumpal aneka ragam zat kimia yang ditambahkan dengan bahan berbahaya lain salah satunya Mie Instan yang di dalam Styrofoam, kanker dapat saja dengan senang hati menghampiri. Stryfoam yang diberi air panas sangat tidak baik karena menambah zat kimia berbahaya di dalam Mie Instan.
v  Mengganggu pencernaan, Karena Mie Instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh, ini juga menjadikan pencernaan dalam tubuh terganggu.
v  Memicu sakit kepala, dikarenakan kandungan MSG dalam mie instan.
v  Jantung, Mie Instan juga termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi Mie Instan terlalu sering dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Cardionmetabolic Syndrome.
v  Obesitas, kemudian bahaya dari mengkonsumsi Mie Instan adalah obesitas. Mie Instan jika dikonsumsi memberi efek mengenyangkan. Namun setelah itu dalam beberapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam Mie Instan sudah banyak. Hal ini cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. Apa lagi tidak sedikit yang menyandingkan Mie Instan dengan nasi.


Baiklah, itu saja pemaparan sedikit mengenai bahaya mie instan dan penyakit yang akan menimpa kita jika rutin mengkonsumsinya. Masih banyak lagi penyakit-penyakit yang akan megamcam kita jika mengkonsumsi mie instan secara berlebih, maka dari itu bijaklah dalam hal ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!