YUK JAGA LINGKUNGAN UNTUK MENGHINDARI BANJIR

http://karya-ajii.blogspot.co.id/2014/02/contoh-artikel.html


YUK JAGA LINGKUNGAN UNTUK MENGHINDARI BANJIR


     Beberapa tahun belakangan ini Indonesia sedang mengalami musibah yang sepertinya belum menemukan solusi yang berarti untuk mencegahnya, apa itu? Tentu saja banjir. Di kota-kota besar, seperti bukan pemandangan yang langka lagi di setiap sudut kota. Hal ini di karenakan wilayah Indonesia yang sering mengalami musim hujan berkepanjangan dan curah hujannya pun sangat tinggi, sehingga mengakibatkan banjir. Dan parahnya lagi dengan lingkungan yang buruk, sampah dimana-mana, bahkan sungai dan selokan sebagai tempat mengalirnya air pun dipenuhi oleh sampah, bahkan sampah bertebaran hampir di setiap sudut kota besar di Indonesia, ini terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.  
        Jadi, sudah tidak heran lagi jika setiap tahunnya pemandangan ini akan hadir disetiap sudut kota, seperti sudah menjadi pemandangannya biasa ditemui. Dampak yang di timbulkan akibat banjir tidaklah sedikit, tidak hanya merugikan secara materi tapi juga merugikan secara kesehatan, bisnis, perekonomian, pendidikan dan lain sebagainya.
        Permasalahan ini layaknya sudah menjadi trending topic bagi seluruh masyarakat Indonesia, pertanyaan-pertanyaan mengenai hal tersebut pun seringkali kita dengar, salah satunya yaitu "Apa sebenarnya hal yang menjadi penyebab kota-kota besar di Indonesia langganan tergenang banjir?" apakah karena proses alam atau karena masyarakatnya sendiri yang kurang perhatian kepada lingkungan sehingga menyebabkan kejadian semacam itu. 
          Dan yang harus berandil besar dalam permasalahan ini adalah Pemda Daerah itu sendiri sebenarnya. Tapi memang tidak bisa di pungkiri bahwa masyarakatnya juga harus ikut serta dalam mengatasi permasalahan ini, karena bagaimana pun jika permerintah saja yang menjalankan akan pincang hasilnya meskipun dengan komposisi pemerintah yang sudah baik sekalipun. Tetap saja yang bisa mengatasi permasalahan besar ini adalah masyarakat dan pemerintahnya sendiri, artinya masyarakat kota dan pemerintahnya harus bersatu untuk menemukan titik terang terhadap permasalahan yang telah lama belum terselesaikan ini. 
           Itu sebabnya, masyarakat harus lebih bijak lagi dengan keadaan. Yang mana pentingnya kita sebagai amsyarakat peduli akan hal-hal tersebut. Mungkin hal yang akan kita lakukan pertama kali adalah membuang sampah dan limbah tidak sembarangan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 SECTION CLASS

MARI DISIPLIN MAKA KESUKSESAN MENANTIMU...

Cintai batik sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dibanggakan!